yume

yume

Yume Almo

Thursday 21 July 2011

KALIMANTAN INDONESIAKU


 

luas wilayah provinsi kalimantan barat adalah 146.807 km² (7,53% luas indonesia). Merupakan provinsi terluas keempat setelah papua, kalimantan timur dan kalimantan tengah. Daerah kalimantan barat termasuk salah satu daerah yang dapat dijuluki propinsi “seribu sungai”. Julukan ini selaras dengan kondisi geografis yang mempunyai ratusan sungai besar dan kecil yang diantaranya dapat dan sering dilayari. Beberapa sungai besar sampai saat ini masih merupakan urat nadi dan jalur utama untuk angkutan daerah pedalaman, walaupun prasarana jalan darat telah dapat menjangkau sebagian besar kecamatan.Walaupun sebagian kecil wilayah kalbar merupakan perairan laut, akan tetapi kalbar memiliki puluhan pulau besar dan kecil (sebagian tidak berpenghuni) yang tersebar sepanjang selat karimata dan laut natuna yang berbatasan dengan wilayah provinsi kepulauan riau.Jumlah penduduk di provinsi kalimantan barat menurut sensus tahun 2000 berjumlah 4.073.430 jiwa (1,85% penduduk indonesia).


kondisi iklim
Iklim di kalimantan barat beriklim tropik basah, curah hujan merata sepanjang tahun dengan puncak hujan terjadi pada bulan januari dan oktober suhu udara rata-rata antara 26,0 s/d 27,0.kelembapan rata-rata antara 80% s/d 90%.

     Rimba penentu iklim di kalbar

kabut rimba
                T
suku bangsa asli bumi kalimantan barat


etnis DAYAK & MELAYU










 
Etnis Dayak
jumlah etnis dayak yang tidak mempunyai rumpun suku di kalimantan barat ada 75 etnis. Belum di tambah suku2 pendatang seperti etnis jawa, bugis, batak, tionghoa!
Sama halnya dengan etnis dayak, etnis melayu kalimantan barat cukup mendominasi di bumi kalimantan barat dan sangat mudah di jumpai dimana-mana.dan yang menjadi perdebatan belakangan ini bahwa bahasa indonesia yang kita pergunakan selama ini bukan dari riau tetapi dari kerajaan melayu kuno sambas/kalimantan barat/indonesia.




Etnis Melayu

Pakaian adat



Pakaian Adat Dayak



Pakaian Adat Melayu

 
 
 
 
Bahasa daerahnya


bahasa indonesia merupakan bahasa yang secara umum dipakai oleh masyarakat di kalimantan barat .

Selain itu bahasa penghubung yaitu bahasa melayu pontianak, melayu sambas dan bahasa senganan menurut wilayah penyebarannya, demikian juga terdapat beragam jenis bahasa dayak, menurut penelitian institut dayakologi terdapat 188 dialek yang dituturkan oleh suku dayak dan bahasa tionghoa seperti tiochiu dan khek/hakka. terdapat  188 dialek ? <= .
berikut ini beberapa kebanggan yang dimiliki oleh KALIMANTAN BARAT :-(


Kantor Gubernur Kalimantan Barat:



Keraton Kadariyah

Keraton Kadariyah Pontianak


Rumah betang


Replika Rumah Betang Kalimantan Barat


Lembaga Pendidikan tertinggi

Universitas tanjungpura pontianak. 


Universitas Tanjungpura

Cindera Mata

Songket Sambas




Aksesoris

Tattoo khas dayak

tatto2 khas dayak beginian dicari touris2 mancanegara gan,tercatat di dalam sejarah dunia, etnis dayak salah satu etnis pencetus tatto di muka bumi bersamaan dengan bangsa2 di timur tengah seperti mesir ketika jaman cleopatra dan suku2 di daratan amerika serta africa.

 


Makanan Khas

Bingke



Bubur Pedas (Sambas)



Lemang (banyak dijual di bulan puasa)



Pengkang (Peniti, Mempawah)


tambahan
Sotong Pangkong


Sotong Pangkong

jadi cumi2 itu di pontianak namanya “sotong” nah apa itu pangkong ? Bahasa indonesianya “pukul” jadi sotong pangkong itu “cumi yang di pukul-pukul” ntar kalo udah gak keras lagi baru bisa di makan, makannya pake sambel juga. Banyak di jual pas bulan puasa.



Jualan sotong pangkong

Jeruk Pontianak
udah ekspor quality loh ini, di pontianak 1kgnya bisa tembus rp.5.000,00, klo udah masuk jakarta bisa gak harganya segitu?


Jeruk Pontianak (tebas, sambas)


Fasilitas Publik


Mega Mall A Yani Pontianak
 nih namanya mega mall gan terletak dijalan protokol kota pontianak jalan.ahmad yani, mall kebanggaan rakyat pontianak.Dan segera dibangun mall lagi di depannya.







 

Museum Kalimantan Barat




Tugu Khatulistiwa



Alun-alun kapuas (sebutannya depan korem)



Jembatan Kapuas I



Special Day di Kalimantan Barat



Tahun Baru di Pontianak


Perayaan Cap Go Meh



Tatung
ini namanya tatung, tatung dalam bahasa hakka yaitu orang yang dirasuki roh dewa atau roh leluhur. Kebanyakan sih yang jadi tatung itu cowox. Tatung ini ada di acara besar seperti chines new year atau cap go meh. Acara  Cap  Go Meh ini juga diramaikan etnis dayak dan melayu, ini merupakan suatu bukti bahwa indonesia bukan negara banci yang memandang etnis lain adalah kelas rendahan.


Pembuatan Lampion Raksasa
Sungai kebanggaan


Kapuas Tempoe Doelo


Sungai Kapuas saat ini.

Suasana Sungai Kapuas Siang dan Malam Hari


Sungai Kapuas di Siang Hari

Sungai Kapuas (Night View)
Demikianlah postingan untuk perkenalan negeri kalimantan barat. ini hanya gambaran singkat dari negeri zamrud khatulistiwa. Masih banyak hal-menarik yang dapat dikunjungi, terutama yang berasal dari beberapa kabupaten-kabupaten yang ada di dalamnya.—tema selanjutnya 10 kawasan wisata yang sering dikunjungi di Kalimantan Barat..

sumber: http://www.kaskus.us/showthread.php?t=4341668 (termasuk hot treat di Kaskus

No comments:

Post a Comment