yume

yume

Yume Almo

Saturday 6 August 2011

Shopping Itu Menyehatkan

sumber : jawapos

JADI PENYEBAB UMUR WANITA LEBIH PANJANG

Beberapa Penelitian di Luar Negeri menyebutkan aktifitas belanja ini sangat menyehatkan , Guy McKhann dan Merilyn Albert ( peneliti bidang saraf ) memiliki teori bahwa :
" perempuan bisa hidup lebih lama dari pria , ini karena saat shopping , wanita mengombinasikan tiga elemen yang membuat elemen otak  berfungsi dengan baik, yakni menjaga kebugaran fisik tetap aktif , membuat otak tertanntang dan menjaga image diri lebih positif"


hal ini di karenakan saat pergi belanja , kita akan di pksa untuk berjalan kaki dan berpikir hal penting apa yang harus di beli, seorang ibu rumah tangga biasanya akan berpikir keras untuk membeli barang sehemat mungki dan mendapat barang yang bagus, hal ini akan membuat seorang wanita merasa tertantang dan merasa puas serta bahagia. 

Gregory Berns ( pakar Ilmu Penyakit saraf , Emmory University ) mengatakan bahwa belanja yang menyenangkan bsa merangasang otak untuk memproduksi dopamine, atau semacam hormon yang sangat penting dalam kesehatan mental dan fisik, jika  dopamine terganggu maka akan menderika kelainan  perkinson .
" dalam belanja , Dopamine  akan merangsang seseorang untuk membeli barang , ini seperti suntikan bahan bakar, dan kadang akan membeli barang yang tidak perlu." terangnya

Belanja yang berlebihan dan tanpa kontrol akan membuat kita jadi " GILA BELANJA " atau istilah kerennya .  Shoppaholic , dan ini merupakan gangguan obsesif  konsumtif, sehingga akan menimbulkan adiksi dan merasa cemas jika tidak dituruti.

Walaupun belanja bisa membawa hal yang menyenangkan dan terbukti sehat, akan tetapi tergantung pada diri sendiri cara menyikapi belanja itu sendiri.  selain itu , ada juga seseorang belanja dengan tujuan melampiaskan ketegangan dan kekesalannya??? seorang psikiater dari RSUD dr. Soetomo mengatakan ini merupakan stress yang memicu seseorang untuk belanja, namun stress juga bukan penyebab utam , jadi sebaiknya kalau stress dan lagi tegang lebiih baik isi dengan hal yang lebih bermanfaat.

Tips Menyembuhkan  Shoppaholic:

1. mengatur keuangan
2. mengajak teman yang bisa mengontrol shoppaholic
3. Terapi, dengan hipnoterapi dan psikoterapi serta obat - obatan , dan
4. tekun , disiplin, serta kendali diri yang kuat


CIRI - CIRI OARANG YANG SHOPPAHOLIC:

1. gemar enghabiskan uang untuk membeli barang yang tidak dimiliki, meski barang tersebut tidak di butuhkan
2. merasa puas saat mampu membeli sesuai keinginan, setelah belanja merasa bersalah dan tertekan , karena tidak dibutuhkan
3. ketika merasa tertekan akan berbelanja
4. memiliki banyak barang tetapi tidak pernah di guanakan
5. tak mampu mengontrol diri saat berbelanja
6. merasa terganggu jika kebiasaan belanja tidak dilksanakan
7. tetap tidak mampu menahan diri untuk berbelanja meski banyak utang
8. sering berbohong kepada orang lain tentang uang yang telah di habiskan

DAMPAK MERUGIKAN SHOPPAHOLIC:

1. sering kehabisan uang , di awal bulan
2. mengakibatkan seseorang memiliki utang dalam jumlah yang besar karena memenuhi pikiran - pikiran obsesi untuk terus berbelanja
3. berdampak seseorang di pecat dari pekerjaannya karena melakukan pemborosan dengan menggunakan uang perusahaan
4. memicu seseorang untuk melakukan tindakan kriminal ( mencuri, korupsi, memeras , dll) , langkah tersebut ditempuh karena ingin mendapatkan uang demi memenuhi dorongan mengguankan uang perusahaan.
5. terjadi pertengkaran karena pemborosan berkepanjangan
6. bisa memicu perceraian, sebab pasangan yang shoppaholic merasa tersiksa dengan uang yang selalu habis.
7.memicu bunuh diri karena obsesif  kompulsif untk terus berbelanja, padahal pengidap shoppaholic merasa tersiksa jika tidak melakukan obsesinya

No comments:

Post a Comment