yume

yume

Yume Almo

Saturday 18 February 2012

Manfaat Buah Naga

sumber : http://bisnis-buahnaga.blogspot.com/2009/11/manfaat-buah-naga-untuk-kesehatan.html,http://carahidup.um.ac.id/2009/06/manfaat-buah-naga/,http://bacabagi.wordpress.com/2011/11/10/manfaat-buah-naga-2/





 Khasiat Buah naga tidak hanya terdapat dalam buahnya saja, namun juga terdapat pada kulit buah.  Kandungan Gizi buah naga terdiri dari :








Berikut ini kandungan nutrisi lengkap buah naga :
Kadar Gula    : 13-18 briks
Air                 : 90 %
Karbohidrat    : 11,5 g
Asam        : 0,139 g
Protein        : 0,53 g
Serat        : 0,71 g
Kalsium    : 134,5 mg
Fosfor        : 8,7 mg
Magnesium    : 60,4 mg
Vitamin C    : 9,4 mg
 Niasin – 1,3 mg
Riboflavin – 0,044 mg
Tiamin – 0,0 mg
Vitamin B3 – 0,43 mg
Vitamin B2 – 0,045 mg
Vitamin B1 – 0,043 mg
Besi – 0,65 mg
Fosfor – 36,1 mg
Kalsium – 8.8 mg
Karoten – 0,012 mg
Serat kasar – 0,9 g
Lemak – 0,61 g
Ash – 0,28 g
Protein – 0,229 g
Moisture – 83 g
Lain-lain – 0,68 g



Manfaat Buah Naga :

  1. Sebagai penyeimbang gula darah.
  2. Detoksifikasi atau membersihkan darah
  3. Menyehatkan dan menguatkan ginjal.
  4. Menyehatkan organ liver.
  5. Dapat menjaga kesehatan kulit.
  6. Membantu menguatkan daya kerja otak.
  7. Membantu meningkatkan ketajaman mata.
  8. Menjaga kesehatan mulut dengan mengatasi panas dalam serta sariawan.
  9. Dapat membantu menstabilkan tekanan darah.
  10. Juga mengurangi keluhan keputihan.
  11. Mengurangi kadar kolesterol dan mencegah kanker usus.
  12. Mencegah sembelit dan memperlancar proses buang air besar
  13. Buah naga merupakan antioksidan yang baik, menghambat radikal bebas,melindungi dari penyebaban kanker dan detriments kesehatan lainnya    yang memasuki tubuh Anda.
  14. Buah naga juga dapat membantu menetralkan zat-zat beracun seperti logam berat. Selain itu, tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol dapat dikurangi dengan mengkonsumsi buah naga.
  15. Konsumsi buah naga ini dapat membantu dalam melawan batuk dan asma.
  16. buah naga Ini memiliki jumlah tinggi vitamin C dan membantu dalam penyembuhan memar dan luka dengan cepat dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  17.  Vitamin B2 hadir dalam buah naga bertindak seperti multivitamin dan membantu untuk memperbaiki dan memulihkan hilangnya nafsu makan.
  18. Vitamin B1 dalam buah ini membantu dalam meningkatkan produksi energi dan juga dalam metabolisme karbohidrat.
  19. Karena kehadiran vitamin B3, membantu dalam menurunkan kadar kolesterol jahat. Ini meningkatkan penampilan kulit Anda dengan menghaluskan dan melembabkan itu.
  20. Buah naga juga dapat membantu meningkatkan daya penglihatan dan menghindari hipertensi.
  21. Buah naga merupakan sumber yang baik fosfor dan kalsium,oleh karena itu dapat membantu memperkuat tulang, membantu dalam pembentukan jaringan dan pembentukan gigi yang sehat.
  22. Rutin mengkomsumsi buah naga dapat menurunkan berat badan,bagi yang kelebihan berat badan sehingga menciptakan tubuh yang seimbang.
  23.  Buah naga juga membantu dalam mengurangi kadar gula darah bagi penderita diabetes tipe 2.
  24. Menghambat Pertumbuhan Sel Tumor
    Khasiat pohon naga bukan terletak pada buahnya saja tetapi pada daun dan kulit buahnya juga. Hasil penelitian Rosario Vargas Sols dari Laboratorio de Investigation de Fitofarmacologia Universidad Autonoma Metropolitana Xochimilco Meksiko menunjukkan bahwa ekstrak kloroform daun buah naga berdaging putih mengandung senyawa pentacyclic triterpene taraxast-20-ene-3a-ol dan taraxast-12,20(30)-dien-3a-ol. Kedua senyawa itu terbukti melindungi kelenturan pembuluh darah kelinci. Peneliti memperkirakan keampuhan kedua senyawa itu hampir menyamai troxerutin salah satu obat pelindung pembuluh darah mikro yang beredar di pasaran. Obat itu berfaedah mengurangi risiko pecahnya pembuluh darah.
    Hasil uji in vitro yang dilakukan Li-chen Wu, peneliti Department of Applied Chemistry National Chi-Nan University menunjukkan bahwa ekstrak kulit buah naga berdaging merah berpotensi menghambat pertumbuhan sel tumor B16F10 pada dosis 25 gram.
  25. Menghaluskan Kulit
    Menurut Prof. Dr. Muhammad Yusuf ahli pengobatan tradisional China, dalam kebudayaan Tionghoa buah naga dipercaya menghaluskan kulit wajah sehingga tampil lebih cantik, tetapi ia tidak digunakan untuk mengobati penyakit-penyakit mematikan seperti kanker atau jantung. Buah naga baik untuk mengatasi panas dalam karena bersifat mendinginkan.
     

No comments:

Post a Comment